Sunday, December 21, 2008

Fengshui Hongsui Chrisye

Chrisye lahir pada tanggal 16 September 1949, Hasta Aksara ( bazi )-nya adalah :



Chrisye memiliki elemen utama tanah kecil yang ditunjukkan oleh batang langit Ji ( 己 ) dan menduduki elemen logam yang ditunjukkan oleh cabang bumi You ( 酉 ). Elemen logam yang ada pada cabang bumi You ( 酉 ) menunjukkan bahwa Chrisye telah memiliki suara yang indah, sebagiamana suara logam yang tinggi melenting. Itulah bakat bawaan yang tertanam dalam dirinya semenjak kecil. Cabang bumi You (酉) yang memiliki Deities 食 ( Shi ) dan berhubungan dengan makanan, kecerdasan, suara, dan lainnya semakin memperkuat penjelasan diatas.

Selain itu Chrisye juga memiliki cabang bumi Chou ( 丑 ) pada pilar tahun yang merupakan gudang logam, sehingga suara tinggi melenting yang dimilikinya dapat ditampung pada gudang tersebut dan menghasilkan alunan gema nan indah. Sekarang mari kita lihat cara kerja atau interaksi antara cabang bumi Chou ( 丑 ) pada pilar tahun dan cabang bumi Mao ( 卯 ) pada pilar bulan. Interaksi antar elemen ini menunjukkan adanya suatu bentuk pengolahan. Dan apabila kita gabungkan interaksi elemen – elemen tersebut dengan Deities 才 ( Cai ) yang dimiliki oleh batang langit Gui ( 癸 ) pada pilar bulan, maka dapat disimpulkan bahwa pengolahan suara Chrisye dapat menjadi sesuatu yang memiliki nilai tawar. Hal ini dimaksudkan dengan bertahannya dia sebagai penyanyi 3 dekade yang selalu memiliki jumlah penjualan album yang cukup tinggi. Interaksi Yi ( 己 ), Chou ( 丑 ) dan Mao ( 卯 ), yang kemudian ditarik kembali melalui interaksi antar cabang bumi Chou ( 丑 ), Mao ( 卯 ), You ( 酉 ) dan Wu ( 午 ), yang telah meng-cover Chrisye sebagai seorang penyanyi yang legendaris.

Adanya interaksi antara cabang bumi You ( 酉 ) dan cabang bumi Wu ( 午 ) memiliki suatu hubungan yang disebut po (破 ). Hubungan po ini dapat dikatakan sebagai hubungan yang merusak. Namun po juga memiliki sifat positif.

Dalam hukum dasar Hasta Aksara, po terbagi menjadi 4 bagian, yaitu :
zi po mao ( 子 破 卯 ),
mao po wu ( 卯 破 午 ),
wu po you ( 午 破 酉 ) dan
you po zi ( 酉 破 子 ).

Sifat positif dari interaksi You ( 酉 ) dan Wu ( 午 ) dalam kehidupan Chrisye terlihat dari adanya Deities ㄗ ( Zi ) pada cabang bumi Wu ( 午 ) yang mengindikasikan suatu hal yang bersifat terbuka terhadap umum ( public ) dan hal ini dapat berhubungan dengan perusahaan, toko maupun perwakilan. Dalam kehidupan Chrisye adanya ㄗ menunjukkan bahwa Chrisye adalah milik publik dalam kapasitasnya sebagai seorang pelaku seni. Sementara itu sisi negatif dari interaksi You ( 酉 ) dan Wu ( 午 ) yakni berdampak pada kesehatan Chrisye. Mengapa demikian ? Ini terjadi karena adanya elemen api dari cabang bumi Wu (午) yang merusak elemen logam yang dimiliki oleh Chrisye. Kita tahu bahwa api dapat menghancurkan logam dan hal ini pun berdampak pada kondisi kesehatan Chrisye.

Sebagaimana kita tahu bahwa pilar – pilar dalam bazi selain merujuk pada tahun, bulan, tanggal dan jam lahir seseorang, juga merujuk pada anatomi tubuh manusia. Pilar tahun merujuk pada bagian kaki, pilar bulan merujuk pada bagian perut dan pinggul, pilar tanggal merujuk pada bagian dada dan pilar jam merujuk pada bagian kepala. Adanya elemen logam yang berada di pilar bulan menunjukkan bahwa bagian dari tubuh Chrisye yang mengalami gangguan adalah bagian dada. Perlu diketahui pula bahwa setiap elemen memiliki keterkaitan dengan organ tubuh manusia sehingga kita dapat mengetahui jenis penyakit yang diderita oleh seseorang. Berikut rinciannya :
Elemen api berhubungan dengan organ jantung ( peredaran darah )
Elemen air berhubungan dengan organ ginjal ( ekskresi )
Elemen kayu berhubungan dengan organ liver atau hati ( pertahanan )
Elemen tanah berhubungan dengan organ lambung ( pencernaan )
Elemen logam berhubungan dengan organ paru – paru ( pernafasan )

Berdasarkan rincian tersebut kita dapat mengetahui bahwa bagian tubuh Chrisye yang didera oleh sakit adalah organ paru – paru yang berada di dalam rongga dada ( sekali lagi berhubungan dengan pilar tanggal dalam bazi Chrisye ). Lalu kapan penyakit yang menimpa Chrisye ini terdeteksi ? Mari kita lihat siklus kehidupan Chrisye berikut ini :



Pada saat dimana batang langit Ding ( 丁 ) bertemu dengan cabang bumi You ( 酉 ) di priode antara tahun 2001 – 2010, maka pada kurun waktu itulah penyakit yang diderita oleh Chrisye akan terdeteksi. Hal ini disebabkan adanya hubungan merusak antara elemen api Ding ( 丁 ) dan elemen logam You (酉). Ingat bahwa api dapat meleburkan logam !
Dalam periode tahun 2001 sampai tahun 2010, terdapat tahun berjalan ( liu nian / 流 年 ) seperti di bawah ini :



Adapun baris pertama adalah tahun berjalan, sedangkan barus ke dua adalah usia. Dari table tersebut, kita dapat melihat di lajur ke lima terdapat sebuah pilar Yi You ( 乙酉 ), pada saat cabang bumi You ( 酉 ) menunjukan keberadaan dirinya di tahun 2005 itulah Chrisye mulai merasakan sakit dari penyakit kanker paru – parunya ( ingat, You mewakili organ paru-paru ). Dan di tahun 2007 dimana batang langit Ding (丁) muncul ( lihat lajur ke tujuh ), di tahun itu pula Chrisye meninggal akibat kanker paru – paru yang lama dideritanya.

0 comments: